http://youngsters.id/technopreneur/danny-baskara-membangun-harapan-pada-e-commerce
Danny
Baskara : Membangun Harapan Pada e-Commerce
YOUNGSTERS.id - Bisnis e-commerce
kini memiliki harapan untuk berkembang pesat dan meraup keuntungan. Harapan itu
dibangun oleh para penggiat e-vouncher bertahun-tahun. Salah satunya adalah
Danny Baskara. Pendiri Evoucher ini membangun bisnis internet ini tanpa
investasi dan zero dalam online marketing budget.
Ini adalah idealisme saya. Dari
level seorang entrepreneur menjadi the next something, ungkap Danny kepada Youngsters.id.
Bisnis Evoucher dibangunnya sejak
11 November 2011. Ini adalah produk e-commerce yang menjual voucher dan produk
secara online dengan jangka waktu terbatas (time sale). Untuk penjualan voucher
kategori yang ada meliputi restoran, travel, hotel, treatment kecantikan. Dan,
produk yang dijual pun beragam mulai mulai dari peralatan rumah tangga, gadget
hingga busana.
Saya melihat masalah yang ada di
masyarakat dan ingin membuka banyak peluang untuk orang banyak,ucap Danny.
Hingga saat ini Evoucher telah
mendistribusikan lebih dari 960.000 buah produk dan voucher. Penjualan melalui
website dan mobile app dengan pengguna yang terus berkembang. Situs ini
disebut-sebut sebagai situs daily deal no 3 di Indonesia, setelah Groupon dan
Ensogo. Bahkan, Evoucher termasuk situs B2C e-commerce top 15 di Indonesia.
Padahal bisnis ini nyaris tidak
dibangun Danny. Ya, sesungguhnya di tahun 2005 ia sudah memiliki harapan besar
terhadap e-commerce. Bahkan mahasiswa jurusan IT di Binus Jakarta itu menulis
skripsi berjudul Analisa dan Perancangan Sistem Informasi E-commerce. Namun
skripsi itu nyaris ditolak dosen penguji karena dianggap tidak masuk akal.
Apalagi dunia bisnis Indonesia sempat digegerkan dengan kebangkrutan Lippo eShop.
Rupanya waktu itu belum tepat untuk bisnis ini,kenangnya.
Oleh karena itu, Danny pun
berkarier di beragam dunia usaha. Mulai dari bekerja di perusahaan multi level
marketing, lalu di studio rekaman. Kemudian dia menjadi internet marketer.
Bahkan. pada tahun 2007 dia membuat blog dan belajar tentang SEO dan Google
Adsense. Sampai akhirnya memutuskan menjadi internet marketer freelance.
Marketer itu kan lebih bagaimana
untuk mendapatkan uang. Sementara menurut saya hidup tidak musti dengan uang,
tapi hidup memerlukan uang. Dari sana saya ingin mempunyai brand sendiri yang
bisa menghasilkan uang dari internet. Mirip dengan marketer tapi memiliki jalur
yang berbeda, ungkap Danny.
Langkah Besar
Pada tahun 2011, pria kelahiran
Bali, 11 Juni 1983 ini membuat langkah besar, dengan mengembangkan bisnis
e-commerce Evoucher. Pasalnya, saat itu dia belum punya pengalaman untuk
membuat perusahaan. Modal awal saya hanyalah keberanian, ujar Danny.
Dia menyadari bahwa waktu tepat
dengan cara eksekusi yang tepat menjadi penentu keberhasilan bisnis startup.
Yakin akan hal itu, Danny pun
menyewa sebuah apartemen dan membuat kantor di satu kamar. Karyawan waktu itu
hanya satu orang. Secara nominal modal awal kurang dari Rp 10 juta, dan itu
dari uang pribadi saya, ungkap Danny.
Danny pun fokus pada bisnis daily
deals ini. Evoucher bekerjasama dengan pemilik-pemilik restoran, dan
pengusaha-pengusaha lain. Awalnya kami menghubungan produk mereka ke
masyarakat, termasuk menjual produknya. Jadi lebih mempromosikan produk-produk.
terutama produk baru,papar Danny.
Awalnya, pemenang Digital Marketing Award 2012 ini mengakui mengalami
kesulitan untuk bisa mendapatkan kepercayaan publik. Di sini kami mencoba
mengubah kebiasaan orang. dan itu tidak mudah. Apalagi saat itu orang tidak biasa
dengan online dan intenet belum seluas sekarang, ungkap Danny.
Kesulitan lainnya, sulit mencari
sumber daya manusia di bidang teknologi. Tetapi dia tidak menyerah. Alhasil,
sekarang Evoucher mampu melayani lebih dari 800 ribu anggota aktif dan melakukan
transaksi lebih dari 700 ribu kali, dan lebih dari 10 ribu deal yang telah
dipublish. Karyawannya pun dari satu orang, kini ada 25 orang.
Jalan Terbaik
Yang menarik semua pencapaian
Evoucher itu tanpa pendanaan dari investor. Danny mengaku ia hanya bermodalkan
keahliannya di internet (SEO) dan social media marketing (Twitter). Namun
ternyata Evoucher mampu bertahan terhadap hempasan bloodbath situs daily deal
periode 2010-2012 yang menjatuhkan puluhan situs daily deal.
Kami terus mencari jalan terbaik, dan
seiring dengan waktu masalah itu terpecahkan dengan sendirinya,kata Danny.
Ia mengaku Evoucher selain mendapat
profit dari penjualan juga dari bisnis be to be. Sama seperti pebisnis lain,
kami juga memiliki macam-macam servis, dan itu yang memberi profit, ungkapnya.
Dengan itulah selama lima tahun Evoucher berhasil bootstrapping (bisnis dengan
dana sendiri).
Barulah di tahun 2015 Danny dan
Evoucher-nya memperoleh pendanaan dari Valuein Technology Indonesia (VITI).
VITI merupakan perusahaan asal Korea yang berfokus sebagai penyedia digital konten yang juga akan turut
meramaikan industri game di Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di
industri game di Asia Pasifik. Langkah ini supaya kami bisa merealisasikan misi
ke depan menjadi perusahaan internet terdepan di Indonesia,ucap Danny.
Peraih Top Brand Kupon Website 2015. ini semakin yakin
melangkah di bisnis e-commerce. Menurutnya, saat ini sudah zamannya
(e-commerce) dan menjadi tren di Indonesia. Nanti, pasti akan banyak
bermunculan technopreneur dan creativpreneur.
Virus technopreneur itu tidak bisa
diajarkan tapi bisa ditularkan, karena satu bisnis dengan bisnis yang lain
punya cara masing-masing. Ini era yang tepat untuk terjun di bisnis ini. Dan
saya optimis dalam lima tahun ke depan Indonesia akan menjadi leader untuk
bisnis teknologi di Asia Tenggara. Karena pasar Indonesia itu besar,kata Danny
penuh yakin.
=======================================
Danny Baskara
Tempat Tanggal Lahir : Bali, 11
juni 1983
Pendidikan Terakhir : S1 Binus, TI
lulusan 2005
Nama Istri : Mega
Nama Perusahaan : PT Evoucher
Indonesia
Nama Brand : Evoucher
Tanggal Berdiri : 11 November 2011
Jumlah Pengguna Aplikasi : 260 di
google play, member 450
Proyek yang dikembangkan : Sekitar
450
Prestasi yang diraih :
Winner Digital Marketing Award,
2012
Top Brand kupon Website 2015
No comments:
Post a Comment